Sabtu, 17 September 2016

Memilih Kayu Kelapa yang Baik



Kayu Kelapa / Kayu Glugu memiliki keunggulan yang sudah dikenal sejak dulu. Sifat kayu yang kokoh, kuat dan keras menjadikan Kayu Kelapa / Glugu sebagai “idola” dalam pemilihan bahan konstruksi rangka atap (kuda-kuda) dan rangka / tiang rumah.

Sebagai bahan konstruksi pembuatan rangka rumah, maka diperlukan ketelitian dalam memilih kayu kelapa yang berkualitas. Kayu kelapa yang berkualitas dalam hal ini adalah yang memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

Warna Merah Kehitaman

Semakin tua usia kayu kelapa, maka akan semakin baik kualitasnya. Untuk memastikan balok kayu kelapa yang akan dibeli berusia tua atau muda, dapat dilihat dari warnanya. Pada umumnya kayu kelapa berusia tua memiliki warna merah kehitaman, sedangkan kayu kelapa yang berusia muda berwarna putih kekuningan.

Permukaan Kasar

Permukaan kayu kelapa yang kasar menunjukkan bahwa kayu tersebut kuat dan lebih tahan terhadap serangan rayap. Kayu kelapa dengan permukaan kasar dapat terlihat dari ukuran serat kayunya, biasanya cenderung memiliki ukuran serat yang besar.

Dekat dengan kulit

Dalam memilih balok kayu sebagai bahan bangunan, pada umumnya pembeli cenderung memilih potongan balok kayu yang rapi yaitu bagian tengah kayu. Sedangkan untuk kayu kelapa memiliki perlakuan yang berbeda, yaitu kayu yang lebih dekat dengan kulit (glugu) memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dari pada kayu di bagian tengah (ati kayu). Untuk itu dalam memilih balok kayu kepala yang baik, pada umumnya balok kayu yang potongannya kurang rapi (masih terdapat sisa-sisa kulit kayu).

Sumber : http://satriamadangkara.com/papan-cor-kayu-kelapa/


Pada umumnya dalam satu batang pohon kelapa terbagi menjadi 2 (dua) kualitas, batang kayu yang dekat dengan akar keatas (hingga 5 – 6 meter) merupakan kayu tua yang memiliki kualitas lebih kuat, sedangkan semakin keujung batang pohon akan semakin muda (tidak keras) dan kurang baik jika digunakan sebagai bahan bangunan. 

Selain ukuran balok kayu, perbedaan kualitas inilah yang nantinya menentukan harga jual balok kayu kelapa. Untuk itu, dalam membeli balok kayu kelapa perlu diketahui terlebih dahulu tujuan penggunaannya untuk bahan bangunan atau untuk keperluan lainnya, sehingga anda dapat memilih kualitas yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar