Rabu, 28 September 2016

KAYU KELAPA KUAT, SEKUAT KAYU JATI

Kayu glugu dikenal sebagai salah satu kayu yang kuat, namun bagaimana jika menginginkan kualitas kayu glugu menjadi sekuat kayu jati? Apa yang harus dilakukan? Mari kita simak uraian berikut.

Kayu yang terbuat dari batang pohon kelapa disebut dengan kayu glugu, dikenal sebagai kayu yang kokoh dan daya tahan yang tinggi. Dan karena inilah sebagian besar orang menjatuhkan pilihannya kepada kayu glugu sebagai bahan bangunan alternatif pengganti jenis kayu hutan lainnya.

Meski sudah dikenal sebagai kayu yang kokoh, namun ada cara yang bisa meningkatkan kualitasnya agar sekokoh kayu jati, yaitu dengan cara pengawetan. Cara ini dilakukan guna menutup lubang kecil (pori-pori) pada kayu. Teknik pengawetan kayu glugu tidak terlalu sulit, namun diperlukan kesabaran dan ketelitian lebih. Hasil dari pengawetan kayu glugu adalah peningkatan kualitas kayu glugu menjadi dua kali lipat dibanding semula. Disamping itu, kayu glugu hasil pengawetan akan semakin tahan terhadap serangga, rayap dan tikus.

Berikut alat dan bahan yang ada butuhkan dalam pengawetan kayu glugu :


Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

Membuat Kolam

Buatlah kolam dari bahan terpal yang sudah anda sediakan sebelumnya, sebagai wadah atau tempat mengawetkan kayu yang dilengkapi dengan atap guna melindungi kolam dari air hujan. Ukuran kolam terpal disesuaikan dengan jumlah dan ukuran kayu.

kayu kelapa kuat

Penyimpanan Kayu

Letakkan dan susun dengan rapi kayu-kayu glugu tersebut ke dalam kolam terpal.
Penuhi ruang kolam terpal dengan kayu yang tersedia.

Tuangkan Solar dan Oli Bekas

Setelah kayu glugu tertata rapi pada kolam terpal, tuang / isikan solar dan oli bekas pada kolam terpal dengan perbandingan 1 : 1 hingga seluruh permukaan kayu glugu terendam. Anda juga dapat mengoleskan kayu dengan campuran solar dan oli bekas menggunakan kuas guna mempercepat peresapan ke pori-pori kayu glugu.
Lakukan perendaman kayu glugu ini selama 5 (lima) hingga 7 (tujuh) hari, karena semakin lama waktu perendaman kayu, maka akan semakin baik kualitas pengawetannya.

Teknik ini mampu meningkatkan kualitas kayu glugu yaitu menjadi semakin kuat, namun menyisakan bau solar yang sedikit tajam pada kayu glugu bekas rendaman tersebut. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena dari hari ke hari akan semakin pudar bau solar tersebut, dan kayu hasil pengawetan ini dapat diolah menjadi furniture yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar