Kamis, 22 September 2016

Kusen Kayu Kelapa



Kusen merupakan frame yang digunakan untuk mengkaitkan jendela dan pintu. Pada umumnya kusen dapat terbuat dari bahan kayu ataupun alumunium (pvc). Penggunaan material kayu dalam pembuatan kusen biasanya menyesuaikan dengan jenis kayu yang digunakan sebagai daun pintu atau daun jendelanya. Beberapa jenis kayu di Indonesia sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kusen, salah satunya kayu kelapa.

https://variaindopalem.blogspot.co.id/2016/09/kusen-kayu-kelapa.html
 Contoh Kusen, Daun Pintu dan Daun Jendela dari Kayu Kelapa

Kayu dari batang kelapa atau sering disebut juga glugu, memiliki kualitas terbaik ketika usianya mencapai lebih dari 60 (enam puluh) tahun lebih dan sudah tidak lagi berbuah. Pohon kelapa merupakan bagian dari suku pinang-pinangan atau palma atau palem. Kayu dari batang pohon kelapa memiliki karakteristik serat unik, karena terlihat garis putus-putus dengan warna lebih tua dan jelas. Dimana tampilan seratnya akan semakin indah dan jelas ketika usianya semakin tua.

Kayu kelapa memiliki kelebihan tersendiri jika digunakan sebagai bahan pembutan kusen, yaitu bentuknya yang cenderung lurus karena tidak memiliki cabang. Sehingga tampilan kusen dari kayu kelapa akan terlihat cantik dengan ke-khas-annya. Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya, bahwa kayu kelapa dengan kualitas terbaik biasanya berasal dari Sulawesi, yang ditunjukkan dengan tekstur yang lebih sempurna (warna lebih gelap) dan ukuran yang lebih besar. Sedangkan kayu kelapa Jawa cenderung berwarna lebih cerah dan kurang bagus.


Di Indonesia, Lombok merupakan daerah yang sebagian masyarakatnya menjadikan kayu kelapa sebagai pilihan bahan bangunan, karena selain memberikan kesan alami juga memiliki sifat yang kuat. Tidak hanya rumah tinggal yang menggunakan bahan kayu kelapa, melainkan bebrapa hotel di wilayah Lombok pun demikian. Mulai dari penggunaan kusen, daun pintu, lantai, lemari dan furniture lainnya dibuat dari bahan kayu kelapa, sehingga kesan alami akan benar-benar terasa.

Kondisi ini menunjukkan bahwa kayu kelapa merupakan alternatif dari penggunaan kayu rimba yang saat ini harganya semakin tinggi. Apakah anda juga ingin merasakan kesan alami dalam hunian anda dengan harga terjangkau? Silahkan hubungi Varia Indo Palem segera di 081252895898 / 081232728042 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar